Cara Penangkaran (breeding) Kenari

Care of Canary Birds B urung kenari merupakan jenis burung yang tergolong mudah untuk ditangkarkan, namun untuk menjaga kualitas hasil dari penangkaran, kita harus memperhatikan metode perawatan yang baik. Banyak artikel yang telah membahas bagaimana merawat dan breeding kenari yang baik, melalui artikel ini saya hanya mau membagikan sedikit pengalaman yang sayalakukan pada penangkaran kenari sendiri, yang sebenarnya tidak jauh beda dengan para peternak berpengalaman yang lain.

Terkait…

Video Kenari isian blackthroat
Ternak kenari saya

Untuk memulai penangkaran tentunya kita harus menyiapkan sepasang indukan yang akan dikawinkan. Dalam memilih calon indukan tersebut selain kualitas calon indukan tersebut yang perlu diperhatikan adalah umur dari calon indukan kenari. Saya memilih kenari yang memang sudah benar –benar siap umur untuk dikawinkan. Untuk betinanya jenis AF atau lokal minimal saya memilih yang sudah berumur 7 bulan, meskipun terkadang ada beberapa kenari betina saya umur 5 bulan sudah birahi, namun saya akan mengawinkannya pada umur 7 bulan untuk menjaga kualitas kesuburannya. Untuk kenari jantan biasanya saya memilih yang sudah berumur minimal 8 bulan untuk jenis AF atau lokal, biasanya di umur tersebut kenari jantan sudah cukup gacor dan birahi.

Dari segi fisik kenari jantan yang siap kawin ditandai dengan bentuk pen (bagian kloaka/anus) yang semakin bulat memanjang dan kemerahan. Untuk kenari betina yang siap kawin bisa kita lihat di bagian sekitar perut dan kloaka yang sudah bersih dari bulu dan bagian kloaka yang sedikit melebar.

Penjodohan saya lakukan dengan menempelkan/mendekatkan kandang kenari jantan dan betina setiap hari di saat penjemuran pagi hari (Pk. 07.00 -09.00) kemudian saya pisahkan kandangnya sampai sore hari mulai pk. 15.00 – 17.00 didekatkan lagi. Bilamana kenari jantan sudah tampak agresif dan birahi begitu juga dengan betinanya kelihatan sudah siap dibuahi dengan ciri mengepak – ngepakkan sayapnya maka jantan dan betina saya satukan dalam satu kandang khusus penangkaran (kandang box) yang telah disiapkan kotak sarang di sudut kandang. Biasanya proses penjodohan ini sekitar 6 hari atau satu minggu. Penempatan dalam satu sangkar berdua biasanya berlangsung tidak lama sampai betina benar-benar dikawini. Setelah itu jantan dipisahkan, tidak lama kemudian sekitar sehari sampai dua hari setelah dipisah betina akan bertelur bertelur 3-4 butir.

Biasanya, bila bertelur sampai hingga 4 butir saya lebih memilih mengambil 1 atau 2 butir telur sehingga indukan akan mengerami 2 atau 3 butir saja sedangkan sisanya akan saya taruh di kenari ‘babuan’ untuk dierami. Hal ini untuk menciptakan kualitas anakannya, karena indukan tidak akan maksimal bilamana mengasuh empat ekor anakan sekaligus. Di penangkaran saya memang semua anakan diasuh oleh indukannya hingga makan sendiri.

Dalam hal menggenjot produktifitas saya berikan ektra food yang mendukung. Agar terpacu birahi dan produktifitas cukup saya berikan telur puyuh rebus, sayuran dan didukung oleh beberapa vitamin. Setelah menetas indukan dibiarkan mengasuh anakannya hingga besar dan dapat makan sendiri. Biasanya, anakan diasuh indukan hingga umur 28 hari. Dengan cara alami diasuh indukan akan meningkatkan kualitas pada anakannya sendiri daripada anakan dipanen di usia dini dan diasuh pemilik.

Dari pengalaman memanen anakan umur sebulan lebih aman daripada lebih awal, karena memanen pada umur tersebut anakan sudah bisa makan sendiri, meskipun masih tahap belajar makan. Kalaupun ada yang belum bisa makan sendiri, hanya butuh 1-2 hari disuapi selanjutnya makan sendiri. Burung yang dibiarkan makan sendiri akan lebih mandiri dan biasanya anakan lebih cepat bunyi. Anakan umur 1 bulan sudah bisa dipindahkan ke kandang yang lebih besar disatukkan dengan anakan lainnya.

Dalam hal menjaga kualitas yang dihasilkan maka kebersihan kandang selalu saya perhatikan. Dengan menjaga kebersihan kandang, kualitas produksi lebih maksimal. Untuk membersihkan kandang dilakukan setiap hari dan sedikitnya sebulan sekali seluruh kandang disterilkan menggunakan disinfektan juga terkadang menggunakan pembasmi kutu. Guna menjaga kesehatan burung sisa – sisa ekstrafooding seperti rebusan telur, segera dibersihkan menjelang sore hari, untuk menghindari jangan sampai sisa ekstrafooding yang sudah basi termakan oleh burung.

Sekian sharing pengalaman saya dalam menangkar kenari, semoga bermanfaat bagi yang membaca, dan saya berharap  juga ada sharing atau masukkan – masukkan dari rekan-rekan sesama pecinta burung kenari.

Terkait…

Video Kenari isian blackthroat
Ternak kenari saya

artikel lainnya..

13 comments on “Cara Penangkaran (breeding) Kenari

  1. Pingback: Video Kenari isian full blackthroat | H.A. MIKRON Media

  2. Met malam paak Haji,,,
    Maaf mau tanya ini paak,,??
    Kenari saya sebulan yg lalu sudah bertelur 3 butir,tapi anehnya dalam bertelur 2 hari satu butir,,,dan setelah saya tunggu sampai 20 hari pengeraman tidak menetas juga,,,
    Padahal EF dan vitamin saya kasih rutin paak,,
    Dan alhamdulilah sekarang sudah bertelur lagi,,,,gmna solusi nya supaya bisa setiap hari normal bertelur 1,dan bisa menetas,,
    Atau kandangnya harus saya tempel di tembok agar tidak banyak goyang kandangnya,,terimakasih mohon petunjuknya,,met. Malam Paak Haji..

    • Telur yg tidak jadi, selain dari faktor lingkungan biasanya yg plg utama adlh disebabkan krn kondisi salah satu atau kedua indukan, baik jantan atau betinanya dalam kondisi kurang/tidak subur.
      Burung jantan atau betina yg sudah sering kawin, bertelur, merawat anak sebaiknya ‘diistirahatkan’ dulu, dan diberikan vitamin atau EF secukupnya..
      Ada kemungkinan jg brg betina ‘kebrojolan’ yaitu sebelum dibuahi oleh jantan sudah bertelur krn faktor hormon.
      Untuk mslh bertelur 2 hari 1 butir, terkadang itu hnya karakter dr burung tsb., sy jg pernah pny burung spt itu tp telur tetap jadi semua, namun jg kdgkla jg bertelur 1 hari 1, jd selama telur ‘isi’ mnrt sy tdk masalah.
      Kandang digantung atau tempel sebenarnya tdk jd masalah, hny yg perlu diperhatikan faktor lingkungan sekitarnya agar dijauhkan dari hewan2 pengganggu & lalu lintas org yg dpt mengganggu konsentrasi burung mengerami.

      • Terimakasih atas masukannya om,
        Alhamdulilah hari ini sudah bertelur 4,,,sekali lagi om,
        Apakah boleh kalau telur itu kita pegang untuk di teropong,,,?kapan waktu yg baik,,atau pada umur telur berapa hari kita bisa teropong telurnya,,?
        Mohon maaf sudah merepotkan om,,,hehehehee

      • boleh saja., tp tnpa dipegang sebenarnya sdh klihatan., telur yg ‘isi’ lbh pekat..
        utk melihat perkmbgn embrio dlm telur, pd wkt pengeraman seminggu sdh terlihat jelas., kl yg tdk ‘isi’/tdk jadi, telur kelihatan transparan bila diteropong.
        smoga bermanfaat..

  3. Maaf mo tanya nih, apa kenari babuan akan mengerami telor kenari lain, tanpa kenari babu tsb bertelor dulu, dan bgaimana caranya melakukannya

    • kenari babuan yang digunakan untuk mengerami telur kenari yang lain sebaiknya dalam kondisi bertelur ato masa mengerami, namun tidak harus dalam waktu bersamaan yang penting kenari babuan dalam masa mengerami. Jika tidak dalam masa bertelur ato mengerami kenari babuan biasanya tidak mau mengerami telur.

  4. permisi pa.. saya mu numpang tanya :)
    kenari saya udah di jodohkan/ disatukan udah 5 hari…trus ranting2 sarang udah bulet tapi malah di rusak lagi… saya kasih lagi masih kaya gtu trus untuk proses jadi telur nya perlu brp hari pa??
    mohon sarannya ya pa
    maklum saya baru pertama kali ternak :D hhe
    trimakasih

    • Hal tsb biasanya terjadi pada kenari yang masih tembean (blm pernah kawin/bertelur), meskipun tidak selalu. Cara yg umum kita dongkrak birahi betina dengan pakan dan ef yg baik, misal telur puyuh, sedikit niger dan sayuran yg bervariasi. Demikian jg dgn pejantannya, agar jantan cepat mengawini betina, bisa kita tempel kandang penangkaran dengan pejantan lain yg gacor. krn ktika mndengar ocehan gacor pejantan yg lain biasanya jantan yg kita jodohkan akan memburu si betina utk dikawin. kl sdh dibuahi pejantan maka betina sdh siap bertelur. Faktor lingkungan jg berpengaruh bagi kenari yg masih tembean, jadi kt ushkn agar lingkungan senyaman mungkin bagi kenari betina, jauhkan/hindarkan dr serangga2 pengganggu, cicak, tikus, dsb. tutup bgian samping kandang penangkaran dgn kertas/karton agar tidak terganggu dgn keberadaan hewan/burung knari yg lain. smoga membantu.

      • oh gtu klo dari tempel kandang udah ya om seminggu yg lalu saya sengaja 2 hari tempel kandang trus nah lalu dimasukan jantan nya ke kandang betina… apa kuku jantan juga berpengaruh ya ke betina nya sehingga pas mau dikawini betinanya lari…

    • Isi atau tidaknya telur sbnrnya bukan tergantung pada brp bnyk indukan knari tsb melakukan perkawinan tp trgtg apakah pembuahan sdh berhasil dilakukan pada induk kenari atau belum, jd jika kedua induk kenari pada masa subur melakukan perkawinan sehingga trjdi pembuahan maka telur akan isi. Kl kta trbiasa, sbnrnya bs dilihat spntas prbedaan antara telur yg isi dgn yg tidak. Telur yg tidak isi trlihat lbh transparan sdgkn yg isi lbh pekat.

  5. Assalamu’ alaikum Wr. Wb. abah. To the point aja kalo mau ngebreending kenari lokal dg kwalitas indukan no.1 plus operasioal 1 bln untk 1 indukan , kira-kira istimasi modalnya brapa ya…. ? apa 1 betina harus dengan 1 pejantan ?.. kemana beli indukkan yg berkwalitas sementara saya posisi di jombang. sebenernya masih banyak pertanyaan saya lain kali aja deh. makasih sebelumnya atas jawabannya semoga Alloh membalas yang lebih banyak dan lebih baik. amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s